Kamis, 2 Desember 2021
25 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMagetanDiana Sasa : " Pemuda Harus Turun Ke Desa "

    Diana Sasa : ” Pemuda Harus Turun Ke Desa “

    MAGETAN (WartaTransparansi.com) – Acara peringatan hari Sumpah Pemuda oleh Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Magetan menghadirkan beberapa tokoh nasional, pejabat tinggi Magetan dan para politisi.

    Diantara mereka hadir bupati Magetan Dr. Drs. Suprawoto, SH, M.Si., Anggota DPRD Prov. Jatim Komisi A Dapil IX Jatim yang juga selaku Majelis Pemuda Indonesia KNPI Kab. Magetan Diana Amaliyah Verawatingsih SPd, Kepala Bakesbangpol Magetan Chanif Tri Wahyudi, M.Si, dan Ketua GP Anshor NU Kabupaten Magetan Habib Mustofa,SS. Kamis Siang (28/10/2021).

    Acara yang dikemas dalam dialog interaktif, Bupati Suprawoto menyampaikan agar KNPI salah satu organisasi kepemudaan dapat diakomodir dalam menggali potensi daerah, mengembangkannya melalui kreatifitas dan inovasi karya nyata, berupaya menciptakan lapangan kerja mandiri, dan tidak menggantungkan harapan untuk dapat bekerja di sektor pemerintahan. “Dan jangan lupa menulis. Karena pengalaman yang ditulis dapat menjadi pelajaran bagi generasi mendatang,” ungkap Bupati Suprawoto.

    Sementara itu Diana Amaliyah Verawatingsih yang akrab disapa Sasa mengingatkan agar pemuda menyiapkan diri untuk kembali ke desa dan membangun desanya.

    “Ada fenomena ekonomi dalam satu dekade ini yang mengemuka, yakni mengalirnya dana negara ke seluruh perdesaan yang di seluruh Indonesia. Hal ini sangat positif karena bisa memacu tumbuhnya perekonomian di desa yang selama ini identik dengan ketertinggalan,” ungkap Sasa.
    Lanjut Sasa ada tantangan serius tentang kesiapan sumber daya dan kemampuan tata kelola.

    Organisasi pemuda mestinya sadar dengan arus kuat ini dan berada di pusat gravitasi menyelesaikan problem-problem itu. “Tudes atau turun ke desa. Sebab, desa butuh tenaga muda yang energik, butuh tenaga muda yang kuat, inovatif, dan kreatif,” ujarnya dalam dialog interaktif.

    Menurut Diana Sasa , salah satu program kolektif yang penting dalam turun ke desa (Tudes) adalah program literasi. Macam-macam bentuknya. Salah satunya adalah pendataan kembali potensi desa. Penulisan sejarah kampung dan elaborasi potensi daya, data, dan dana menjadi sangat penting. Peta digital adalah kompasnya.

    “Peta digital ini bisa menjawab dengan cepat hal-hal yang terkait dengan dunia desa dengan sangat cepat. Anak muda yang cerdas, berani, dan problem solver adalah bisa menjadi kompas bagi desa untuk mengenal diri dan sekaligus bisa memberi arah haluan ke mana masyarakat mengarahkan tujuan kolektifnya,” pungkasnya.

    Selain menggelar dialog kepemudaan, dalam acara ini juga dilakukan pelantikan Pengurus Kecamatan KNPI Magetan sebanyak 36 orang perwakilan dari 18 kecamatan.

    Acara berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan. (*)

    Reporter : Rudy
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan