Minggu, 17 Oktober 2021
26 C
Surabaya
More
    OlahragaPON XX Papua Resmi Dibuka Presiden Jokowi

    PON XX Papua Resmi Dibuka Presiden Jokowi

    Jayapura (WartaTransparansi.com) – Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di resmi dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam upacara pembukaan yang berlangsung di Stadion Lukas Enembe, Sabtu (2/10/2021) sore WIB.

    “Perasaan saya dan perasaan saudara pasti sama, kita bangga di tanah Papua. Kita juga bangga berada di stadion terbaik di Asia Pasifik ini. Kita bangga membuka PON XX 2021, PON yang pertama kali digelar di tanah Papua,” ucap Joko Widodo dalam sambutan pembukaan.

    Jokowi mengajak agar PON ini diisi dengan segala sukacita dan menjunjung sportivitas. Ajang ini juga diminta menjadi ruang menjalin kebersamaan. “Yakinlah kemajuan Papua akan berjalan cepat. Mari kita unjuk partisipasi kita untuk menjamin keberhasilan PON XX ini,” katanya.

    Baca juga :  Gulat Tambah 1 Emas dan 1 Perak

    “Karena itu, dengan mengucap Bismillahirohmanirohim, dengan Nama Tuhan yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Pekan Olahraga Nasional ke-20 Papua secara resmi saya nyatakan dibuka,” lanjutnya.

    Sebelumnya, sambutan telah disampaikan Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Mayjen TNI (Purn) Marciano Norman dan Gubernur Papua Lukas Enembe. Upacara pembukaan dimeriahkan dengan serangkaian pertunjukkan yang meriah. Diawali dengan tarian Selamat Datang dan nyanyian khas Papua yang dibawakan putra daerah. Kemudian, disambung dengan parade atlet. Mereka masuk ke tengah lapangan sambil membawa bendera provinsi masing-masing. Parade ini menampilkan para atlet dari provinsi paling barat Indonesia hingga paling timur. Artinya, Papua ditempatkan di urutan paling akhir.

    Baca juga :  Sepak Bola Jatim Gagal ke Final

    Para atlet tampil dengan mengenakan jaket berwarna seragam yang menunjukkan identitas daerahnya masing-masing bernyanyi dan sesekali berlompat-lompat. Mereka melambaikan tangan, topi, dan atribut lain kepada penonton yang mengisi sebagian kapasitas stadion.

    Terasa istimewa ketika parade atlet memasuki bagian Papua. Seketika lagu pengiring langsung berubah menjadi lagu lokal. Kemudian, kamera mengarah ke orang nomor satu Indonesia, Presiden Joko Widodo. Jokowi dengan menggunakan jaket PON XX Papua 2021 ikut berdiri dan melambaikan tangan ke para atlet. Sesekali, Presiden Jokowi juga terlihat menari-nari kecil sebagai ekspresi kegembiraannya.

    Sementara itu, delapan atlet legenda asal Papua masuk ke tengah lapangan sambil membawa bendera PON dalam upacara pembukaan PON XX Papua 2021. Mereka adalah Lisa Rumbewas (angkat besi), Benny Maniani (tinju), Erni Sokoy (dayung), Maria Londa (atletik), Kartika Monim (voli), Melly Mofu (atletik), Rully Nerre (sepak bola), dan Imanuel Daundi (pencak silat).

    Baca juga :  Estafet 4×100 Meter Putra-Putri Raih Emas dan Perak

    Ajang olahraga nasional terbesar ini akan berlangsung hingga 15 oktober mendatang. (sr)

     

    Perolehan Medali PON XX Hingga Sabtu (2/10/21)

     

    1. DKI Jakarta: 28 emas, 15 perak, 20 perunggu
    2. Papua: 17 emas, 5 perak, 13 perunggu
    3. Jawa Barat: 11 emas, 15 perak, 25 perunggu
    4. Jawa Timur: 11 emas, 15 perak, 8 perunggu
    5. Bali: 7 emas, 3 perak, 7 perunggu
    6. Riau: 4 emas, 3 perak, 1 perunggu
    7. Jawa Tengah: 2 emas, 5 perak, 9 perunggu
    8. Sumatera Utara: 2 emas, 4 perak, 2 perunggu
    9. Sulawesi Tenggara: 2 emas, 1 perak
    10. Kalimantan Timur: 1 emas, 3 perak, 4 perunggu

     

    Reporter :
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan