Jumat, 29 Maret 2024
26 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaPeringatan Momentum 60 Tahun, Armuji akan Hadirkan Pramuka di Masyarakat

    Peringatan Momentum 60 Tahun, Armuji akan Hadirkan Pramuka di Masyarakat

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Peringatan Hari Pramuka 14 Agustus tahun ini, sekaligus menjadi momentum 60 tahun kiprah Gerakan Pramuka di Indonesia. Wakil Wali Kota Surabaya Armuji pun akan menghadirkan pramuka di masyarakat.

    Momen upacara peringataan ke-60 tahun gerakan Pramuka digelar secara virtual dan dipusatkan di halaman Grahadi Surabaya, Minggu (15/8/2021).

    Armuji yang juga Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kota Surabaya, mengikuti prosesi upacara peringatan ke-60 gerakan pramuka secara virtual di Balai Kota didampingi oleh Wakapolres Pelabuhan Tanjung Perak Kompol Wahyu Hidayat. Meski menghadiri secara virtual, tidak mengurangi rasa khidmat Wakil Wali Kota dalam mengikuti rangkaian prosesi upacara.

    Wawali Armuji mengatakan, peringatan Hari Pramuka di Jawa Timur (Jatim) dilaksanakan serentak secara virtual. Di usia ke-60 tahun, gerakan pramuka telah banyak memberi sumbangsih untuk bangsa Indonesia.

    Baca juga :  Peringatan HUT ke-20 Tagana, Pj. Gubernur Adhy: Mereka Garda Terdepan Penanggulangan Bencana

    “Kita serentak se Jatim baik itu virtual maupun langsung di Grahadi. Tahun ini memperingati hari Pramuka yang ke-60 dengan tema berbakti tanpa henti,” kata Cak Ji sapaan akrabnya.

    Memasuki usia yang ke-60, Cak Ji megungkapkan, gerakan pramuka sudah memiliki banyak pengalaman bermasyarakat. Oleb sebab itu, ia ingin gerakan pramuka berkomitmen untuk hadir di tengah – tengah rakyat saat pandemi Covid 19.

    “Pramuka sudah cukup tua, artinya mereka berpengalaman bermasyarakat, sudah terlatih seperti apa yang mereka lakukan dalam kegiatan-kegiatan sebelumnya,” ungkapnya.

    Cak Ji menjelaskan, di masa pandemi Covid-19 gerakan Pramuka banyak menggelar kegiatan-kegiatan sosial. Di antaranya, menggelar vaksinasi Covid-19 massal, menggelar donor plasma konvalesen dan donor darah.

    Baca juga :  Ratusan Kyai Rekomendasikan Khofifah-Emil Maju Lagi di Pilgub Jatim

    “Di masa pandemi ini banyak sumbangsih yang dilakukan untuk masyarakat. Termasuk kita menggelar vaksinasi bersama, donor plasma, dan donor darah,” jelas Cak Ji.

    Meski begitu, ia tetap mendorong seluruh Kwartir Cabang (Kwarcab) untuk lebih termotivasi menggelar kegiatan-kegiatan sosial dalam upaya membantu pemerintah mengatasi pendemi Covid-19. Menurutnya, hal tersebut akan membuat Pramuka menjadi lebih modern dan menunjukkan integritas di mata masyarakat.

    “Harapan ke depannya tentunya makin banyak kwarcab yang bisa melakukan suatu motivasi daripada kegiatan-kegiatan sosial. Tentunya ini akan membawa suatu pramuka yang modern, pramuka yang benar benar mempunyai integritas dan pramuka yang tentunya sangat pancasilais,” ujarnya.

    Sementara itu, Ketua Harian Kwarcab Pramuka Hj.Siti Maryam menerangkan, pada tanggal 11 Agustus 2021 Kwarcab telah menggelar Tahlil serta pembagian 150 paket sembako untuk anak yatim piatu dan warga pramuka.

    Baca juga :  Bantuan Pengusaha untuk Korban Bawean Terus Berdatangan

    “Setiap waktu Gerakan Pramuka di Kota Surabaya didedikasikan untuk memberikan semangat dan motivasi bagi masyarakat agar mereka tetap optimistis menghadapi pandemi,” katanya. **

    Editor : Wetly

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan