Rabu, 27 Oktober 2021
30 C
Surabaya
More
    OlahragaPemain Wajib Vaksin, Persebaya Terancam Tanpa 4 Legiun Asing

    Pemain Wajib Vaksin, Persebaya Terancam Tanpa 4 Legiun Asing

    Surabaya (WartaTransparansi.com) – Persebaya terancam tidak bisa diperkuat empat pemain asingnya saat Liga 1 2021 bergulir jika sesuai jadwal 20 Agustus 2021. PT LIB memutuskan bahwa vaksinasi jadi salah satu syarat wajib bagi pemain untuk bisa tampil di Liga 1 2021.

    Syarat tersebut bersifat mengikat kepada seluruh pemain baik lokal maupun asing. Artinya, pemain yang belum divaksin tidak diperkenankan bermain saat pertandingan atau bahkan masuk venue laga.

    Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita mengatakan kebijakan tersebut diambil untuk mengupayakan pelaksanaan Liga 1 2021 benar-benar steril dari ancaman covid-19. Karena itu, dia berharap seluruh klub patuh menjalankan protokol kesehatan yang diberikan. “Wajib vaksin, tentunya ada data yang bisa diverifikasi. Jadi, pemain asing pun wajib. Di Piala Menpora juga banyak pemain asing yang kami vaksin dan itu difasilitasi pemerintah,” ujar Akhmad Hadian Lukita dalam konferensi pers virtual.

    Baca juga :  Lapangan Latihan dan Gizi Pemain Harus Diprioritaskan

    “Klub akan rugi jika ada pemain yang tak bisa masuk ke tempat pertandingan. Kami mengingatkan, jangan karena satu-dua orang, liga ini dicap kurang baik,” harapnya. Sementara, empat pemain asing Persebaya Surabaya yakni Taisei Marukawa, Jose Wilkson, Alie Sesay dan Bruno Moreira diketahui belum mendapatkan suntikan vaksin.

    Persyaratan itu membuat klub asal Surabaya terancam tidak bisa memainkan pemain asingnya. Sebab, vaksin covid-19 secara lengkap dua dosis membutuhkan waktu minimal 2 minggu. Hingga saat ini baru Taisei Marukawa yang sudah berkomentar soal vaksin. Dia mengungkapkan dirinya ingin mendapatkan vaksin yang diberikan oleh pemerintah Jepang. Namun, dia dilema karena tidak bisa meninggalkan Persebaya Surabaya beberapa waktu lalu.

    Baca juga :  Persebaya Krisis Pemain Lawan Persija

    Manajemen Persebaya sudah memprediksi hal ini akan terjadi. Karenanya, tim sedang mengupayakan agar pemain asingnya bisa mendapatkan vaksin di Indonesia. “Kalau bisa memang secepatnya, nanti saya akan bicara sama manajemen bagaimana pemain asing kami secepatnya bisa dapat vaksin,” ujar pelatih Aji Santoso.

    Di sisi lain, PT LIB juga menyediakan solusi dengan memberikan fasilitas vaksinasi. Saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan klub untuk mengumpulkan data pemain yang belum mendapatkan dua tahap vaksinasi baik asing maupun lokal. “Kami sedang data ulang pemain yang sudah divaksin siapa saja, yang belum siapa saja, yang baru sekali siapa saja, dan siapa yang sudah dua kali. Dalam waktu dekat mudah-mudahan datanya sudah ada dan terkumpul,” kata Akhmad Hadian Lukita. (sr)

    Baca juga :  Timnas U-23 Ditumbangkan Australia 2-3

     

    Reporter : Samuel Ruung
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan