Sabtu, 31 Juli 2021
24 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMojokertoNing Ita Sidak Rumah Sakit Rujukan Pasien Covid-19

    Ning Ita Sidak Rumah Sakit Rujukan Pasien Covid-19

    Mojokerto (WartaTransparansi.com) – Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari atau yang akrab disapa Ning Ita meninjau berbagai rumah sakit rujukan pasien covid-19, Rabu (7/7/2021). Hal ini dilakukan sebagai langkah memastikan stok tabung oksigen untuk rumah sakit rujukan serta penyedia tabung oksigen bisa mencukupi.

    Pantauan di lokasi, sidak dilakukan di tiga rumah sakit rujukan pasien covid-19 Kota Mojokerto yakni RS Wahidin Sudiro Husodo, RSU Rekso Waluya dan RSU Gatoel. Itu untuk memastikan ketersediaan tempat tidur isolasi dan stok oksigen untuk penanganan Covid-19 terpenuhi.

    Wali Kota Ning Ita mengatakan untuk ketersediaan tempat tidur terpantau sudah penuh semuanya. RS Wahidin Sudiro Husodo dengan kapasitas 133 tempat tidur, RSU Rekso Waluyo 19 tempat tidur serta Gatoel 91 tempat tidur sudah penuh semua dari kapasitas yang tersedia. “Setiap rumah sakit kini berupaya menambah kapasitas yang bisa dimaksimalkan jika keadaan darurat,” ujarnya.

    Baca juga :  Ketua DPD RI Minta Pasien Covid-19 yang Depresi Dihadapi dengan Simpatik

    Ning Ita menyampaikan, terkait ketersediaan oksigen sejauh ini masih mencukupi. Dengan kondisi tersebut dia berharap ketersediaan oksigen di sejumlah RSU rujukan covid-19 Kota Mojokerto masih mencukupi untuk beberapa hari ke depan. “Sejauh ini semua rumah sakit rujukan sudah tersistem. Sehingga ketika isinya sudah di bawah 50 persen, maka akan segera diisi oleh PT Samator selaku supliernya,” terangnya.

    Sementara itu, Wakil Direktur Pelayanan Medis RSU Gatoel, Anggraina Puspita menjelaskan RSU Gatoel rutin mengisi ulang tabung oksigen setiap harinya. Ini lantaran kebutuhan oksigen mengalami lonjakan yang cukup besar untuk pasien covid-19. “Sebelum pandemi kita isi ulangnya empat hari sekali, kini saat pandemi hampir setiap hari kita lakukan isi ulang. Lantaran penggunaanya meningkat drastis,” ungkap Anggraini.

    Baca juga :  Ketua DPD RI Minta Pasien Covid-19 yang Depresi Dihadapi dengan Simpatik

    Dia menjelaskan kapasitas tabung oksigen sentral RSU Gatoel sebanyak 4,5 juta liter. Dan 70 persen di antaranya digunakan untuk perawatan pasien covid-19. “Kalau pasien normal keburuhan oksigen normalnya 6 liter perharinya, untuk covid-19 bisaenvapai 12 liter perharinya” tandasnya. (*)

    Reporter : Gatot Sugianto
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Editor's Choice

    Jangan Lewatkan