Selasa, 3 Agustus 2021
30 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaM. Sarmuji: Kyai Nawawi, Ulama Khos Yang Meneduhkan Itu Telah Berpulang

    M. Sarmuji: Kyai Nawawi, Ulama Khos Yang Meneduhkan Itu Telah Berpulang

    Jawa Timur dan Indonesia kembali harus kehilangan ulama besarnya. Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, KH Nawawi Abdul Djalil wafat, Minggu (13/6/2021) pukul 16.40 WIB.

    “Innãlillãhi wa innâilahi rãjiün. Telah wafat KHA. Nawawi Abd. Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri. Beliau wafat pada hari Ahad, 13 Juni 2021 | 02 Dzul Qo’dah 1442 H, sekitar 16.40 wib. Semoga Allãh merahmatinya,” Demikian dikutip dalam akun instagram @S1dogiri.

    Bukan hanya kaum nahdliyin saja yang merasa kehilangan, namun semua lapisan masyarakat di negeri ini. Pasalnya Kyai Nawawi adalah aset bangsa. Ketokohannya sebagai panutan umat juga tidak diragukan lagi. Beliau sangat dihormati diantara banyak Kyai khos.

    Baca juga :  Peminat Sepi, Pendaftaran Calon Direksi PDAM Surabaya Diperpanjang

    Atas meninggalnya Kyai Nawawi, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Jawa Timur M. Sarmuji juga merasa sangat kehilangan dan turut berduka cita atas wafatnya Kyai khos tersebut. Ia menilai almarhum Kyai Nawawi adalah ulama yang rendah hati dan meneduhkan. Beliau adalah ulama yang berpengaruh di Jawa Timur dan nasional.

    Kepada WartaTransparansi.com, M. Sarmuji menuturkan, sosok KH Nawawi adalah ulama khos yang sangat berpengaruh di Jawa Timur bahkan nasional. Seorang ulama yang sangat konsisten menekuni dunia pendidikan pesantren sebagai ladang amal mencapai keridloan Allah SWT



    Pondok Pesantren Sidogiri berdiri pada tahun 1745 M oleh Sayid Sulaiman. Ia adalah cicit dari Sunan Gunung Jati atau yang dikenal dengan Syeikh Syarif Hidayatullah.

    Baca juga :  Sukses Gelar Vaksinasi Massal, Pangkoarmada II Puji Wali Kota Surabaya

    Dalam perkembangannya selain sukses mencetak santri, Ponpes Sidogiri juga dikenal juga mencetak pengusaha sukses. Lini bisnisnya juga sudah tersebar di seluruh Jawa Timur dan beberapa daerah di Indonesia. Pondok Pesantren Sidogiri sudah menjadi pesantren yang mandiri secara ekonomi.

    “Konsistensi beliaulah yang menjadikan Sidogiri menjadi pesantren yang mandiri secara ekonomi dan disegani. Kemandirian pesantren Sidogiri dibuktikan dengan  jaringan bisnis yang cukup kuat berkat tangan dingin Kyai Nawawi,” tutup Sarmuji. (*)

    Reporter : Amin Istighfarin
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Editor's Choice

    Jangan Lewatkan