Jumat, 29 Maret 2024
32 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaVaksinasi Serentak 18 Rusun Tuntas Sehari
    * Warga Surabaya Tervaksin Capai 1.143.031 Orang

    Vaksinasi Serentak 18 Rusun Tuntas Sehari

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Pemkot Surabaya berupaya mempercepat vaksinasi Covid-19 di Kota Surabaya. Penghuni di 18 rusun yang dikelola pemkot mulai disuntik vaksin secara serentak, dan berakhir dalam sehar, Minggu (6/6/2021).

    “Total ada sebanyak 10.390 orang yang terdaftar mengikuti vaksinasi Covid-19 di 18 rusun yang dikelola pemkot. Kita sudah mulai vaksinasi serentak di 18 rusun,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Febria Rachmanita, Senin (7/6/2021).

    Menurut Feny-sapaan Febria Rachmanita, vaksinasi ini berawal dari temuan sejumlah penghuni rusun yang positif setelah dilakukan tes swab. Ia menyebutkan hingga saat ini sudah ada 62 penghuni rusun yang terkonfirmasi positif Covid-19 setelah sebelumnya dilakukan tes swab serentak di 18 rusun.

    Baca juga :  PT. Pegadaian Bantu 2 Unit Ambulance ke Yay. Walisongo dan Klinik Pratama Medika

    “Nah, sebagai salah satu upaya untuk menghentikan penularan Covid-19 di rusun, kami sekalian melakukan vaksinasi Covid-19 bagi mereka. Namun, meskipun sudah divaksin, mereka harus tetap menjaga protokol kesehatan yang ketat,” tegasnya.

    Ia juga menegaskan bahwa vaksinasi kepada penghuni rusun selesai dalam sehari. Sebab, minggu depan pemkot akan menggelar vaksinasi massal bagi yang lainnya.

    Selain pelayan publik, puskesmas nanti juga akan menggelar vaksinasi bagi masyarakat umum usia 50 tahun ke atas.

    “Ini dilakukan karena kami melihat dari pasien yang di rumah sakit, usianya adalah 52, 53, 50 tahun ke atas, jadi nanti vaksin massal,” jelas Feny.

    Ia juga memastikan bahwa hingga saat ini Pemkot Surabaya sudah melakukan vaksinasi Covid-19 kepada 1.143.031 warga Surabaya. Mereka yang divaksin itu berasal dari Sumber Daya Manusia Kesehatan atau para nakes, para pelayan publik, para lansia, masyarakat rentan, dan masyarakat umum khususnya pra lansia.

    Baca juga :  Bantuan Pengusaha untuk Korban Bawean Terus Berdatangan

    “Vaksinasi ini terus kami percepat untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Kota Surabaya,” tegasnya.

    Salah satu penghuni rusun penerima vaksin Covid-19, Suliswati (30), mengaku sempat deg-degan dan merasa takut sebelum divaksin.

    “Sampai nangis, jadi sebelum disuntik saya sarapan, sama berolahraga dulu,” katanya.

    Meski demikian, ia sangat senang setelah disuntik, karena tidak mudah terserang virus Covid-19.

    “Harapannya semoga corona cepat hilang. Bisa beraktivitas secara normal,” imbuh perempuan penghuni blok A tersebut. ***

    Editor : Wetly Aljufri

    Sumber : WartaTransparansi

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan