Kamis, 28 Maret 2024
31 C
Surabaya
More
    NusantaraKetua DPD RI Desak Pemerintah Proteksi Pasar Lindungi IKM
    Akibat Membanjirnya Produk Impor Tektil

    Ketua DPD RI Desak Pemerintah Proteksi Pasar Lindungi IKM

    BALIKPAPAN (Wartatransparansi.com) – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti meminta pemerintah untuk memproteksi pasar demi melindungi pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) dari serbuan produk impor yang dipasarkan secara online.

    Sebagaimana diketahui, pandemi Covid-19 membuat sejumlah pihak menggunakan jasa e-commerce untuk memasarkan produk mereka. Salah satunya adalah produk impor tekstil yang merajalela di pasaran.

    Dampaknya tentu saja dirasakan pelaku IKM ditandai dengan menurunnya penjualan mereka. Mantan Ketua Umum Kadin Jawa Timur itu menilai e-commerce amat besar pengaruhnya terhadap produk-produk impor, baik konsumsi kebutuhan rumah tangga maupun pakaian jadi.

    “Keluhan yang dirasakan di tengah-tengah program pemerintah terkait program pemulihan ekonomi nasional adalah pelaku usaha garmen merasakan sulitnya penjualan produk karena tidak mampu bersaing. Padahal harga terbilang lebih murah dan kualitas pun lebih baik,” ujar LaNyalla sesaat setelah mendarat di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (4/4/2021).

    “Saya meminta pemerintah untuk memproteksi pasar melalui regulasi yang melindungi pelaku usaha lokal. Jika hal ini dibiarkan, maka kita akan menghadapi kematian industri kecil menengah dan bersiap menghadapi permasalahan sosial yang besar,” ujar LaNyalla.

    Senator Dapil Jawa Timur itu mendesak pemerintah agar segera menyelesaikan regulasi yang memproteksi pasar. Pasalnya, alumnus Universitas Brawijaya Malang itu menilai hingga kini hal tersebut belum juga dirampungkan pemerintah. “Ini urgent dan harus menjadi prioritas hingga saatnya kita mampu bersaing di pasar bebas,” tegas alumnus Universitas Brawijaya Malang tersebut.

    Industri Kecil dan Menegah (IKM) tekstil mengalami penurunan penjualan disebabkan pandemi covid-19 dan banjir produk impor di pasaran.Asosiasi Produsen Serat dan Benang Filamen Indonesia menyebutkan produk impor tekstil tidak hanya terjadi di pasar swalayan, namun juga masuk ke marketplace.

    Data Indotextiles yang menyebutkan, sepanjang 2020 produksi garmen IKM mencapai sekitar 641.000 ton. Di Jawa Barat banyak sekali produksinya, misalnya sentra rajut binong di Bandung. Mereka produksi terus-menerus dengan pekerja yang juga banyak. Miris ketika produknya tidak dapat bersaing dengan impor. Harganya jauh sekali tetapi kualitas lebih baik dibandingkan produk impor.(***)

    Keterangan Foto:

    Ketua DPD RI saat tiba di bandara Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (4/4/2021). Kunjungan Ketua DPD RI ke Kalimantan Timur dalam rangka melakukan pengawasan dan rapat kerja dengan stakeholder setempat terkait rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN). (nur)

    Reporter : Nuriyah Maslaha

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan