Kamis, 23 September 2021
28 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaMulai Malam ini Ruangan Pelantikan Kepala Daerah - Wakil Kepala Daerah Di...

    Mulai Malam ini Ruangan Pelantikan Kepala Daerah – Wakil Kepala Daerah Di Grahadi Sterilisasi

    SURABAYA (Wartatransparansi.com) – Jika tak ada aral melintang , pelantikan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah akan dilaksanakan pada Jum’at (26/2/2021).

    Kepala BPSDM Jawa Timur Aris Agung Paewai selaku Ketua Panitia Pelantikan sekaligus ketua panitia sertijab kepala daerah mengatakan,  hari ini Kamis (25/2/2021) sudah dilakukan langkah persiapan terakhir.

    Persiapan dilakukan mulai dari penyiapan ruangan yang berada disisi barat,  sound system sampai tempat duduk. Seluruhnya kita cek dan pelantikan menggunakan protokol kesehatan secara ketat.

    Areal pelantikan akan kita jaga betul, terutama dari pintu gerbang depan dengan penyemprotan desinfektan. “Undangan akan dilakukan cek dengan tes SWAB yang berlaku pada hari itu,” kata Aris.

    Malam ini setelah ruangan pelantikan kosong akan dilakukan penyemprotan desinfektan. Bahkan penyemprotan dilakukan disetiap sesi. “Besok pagi jam 7.00 pagi akan dilakukan pengecekan kehadiran Kepala Daerah – Wakil Kepala Daerah. Hari ini beliau yang dilantik sudah di Surabaya, tegas Aris.



    Baca juga :  Munjidah Wahab-Habib Salim Quraisy Pimpin PPP Jatim 2021-2926

    Aris menambahkan di Sesi 1 jam 09.00 akan diikuti oleh Kepala daerah dan Wakil Kepala Daerah dari Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Banyuwangi.

    Menghadapi pelantikan bupati – wakil bupati, walikota – wakil walikota di Gedung Megara Grahadi, mulai disiapkan pendirian tenda. Disini akan di pasang CCTV sehingga tamu tamu bisa menyaksikan lewat layar monitor

    Kemudian sesi 2 jam 13.30 akan diikuti oleh Kabupaten Jember, Kabupaten Malang, Kabupaten Mojokerto, Kota Blitar dan Kota Pasuruan dan Kabupaten Blitar.

    Lalu sesi 3 akan dilaksanakan jam 16.00 dan diikuti oleh Kabupaten Sidoarjp, Kabupaten Kediri, Kabupaten Gresik, Kabupaten Lamongan dan Kota Surabaya.

    Baca juga :  Ketua PMI Jatim H. Imam Utomo S, Permintaan Plasma Konvalesen Nol Persen

    Aris juga menambahkan bahwa ruang barat Grahadi atau Ruang Singhasari memiliki  kapasitas 250 orang. Namun untuk pelantikan nanti dibatasi menjadi maksimal hanya 50 orang saja.

    “Yang hadir di tiap sesi adalah Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah beserta istri, satu orang keluarga, jadi setiap daerah yang diperbolehkan masuk hanya 6 orang saja,” tegas Aris.

    Pejabat tinggi yang hadir dari Provinsi adalah Gubernur, Wakil Gubernur beserta Istri, Ketua DPRD dan Sekdaprov beserta Istri.

    Aris kembali menginformasikan bahwa awalnya pihak Kemendagri berkeinginan pelantikan nanti dilakukan secara virtual. Namun menurut Undang-Undang Pilkada pelantikan harus dilakukan di Ibukota provinsi. “Atas dasr itulah maka kita lakukan pelantikan secara langsung meski dengan protokol kesehatan yang ketat,” papar Aris.

    Jika dalam proses protokol kesehatan besok ada kepala daerah ataupun wakil kepala daerah yang positif Covid-19, maka segera dilakukan prosesi pelantikan secara virtual saat itu juga. “Sesuai dengan sesinya dan dimanapaun yang akan dilantik itu berada maka jika positif akan dilakukan secara virtual saat itu juga,” jelasnya.

    Baca juga :  Munjidah Wahab-Habib Salim Quraisy Pimpin PPP Jatim 2021-2926

    Menjawab pertanyaan wartawan soal undangan Forkopimda, Aries menyatakan, undangan didalam hanya Wakil Gubernur dan Ketua DPRD Jatim, sedangkan Forkopimda seperti Kapolda atau Pangdam V Brawijaya akan mengikuti diruang kerja masing masing, termasuk Forkopimda kabupaten/kota di pendopo masing masing melalui virtual

    Pemprov Jatim akan melakukan penjemputan dengan bus secara khusus per sesi dimana mereka saat ini menginap. Harapan kita, mereka menginap dalam satu hotel sehingga akan mempermudah penjemputan. Didalam bus itu isinya hanya mereka yang akan dilantik.  (min)

    Reporter : Amin Istighfarin
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan