Jumat, 29 Maret 2024
32 C
Surabaya
More
    Politik PemerintahanSekdaprov dan Forkopimda Jatim Tinjau Kampung Tangguh dan Gudang Vaksin Covid-19

    Sekdaprov dan Forkopimda Jatim Tinjau Kampung Tangguh dan Gudang Vaksin Covid-19

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Untuk mengetahui kesiap siagaan Kampung Tangguh di beberapa wilayah di Surabaya, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Heru Tjahjono bersama Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto dan Kaskoarmada II Laksma TNI Dafit Santoso meninjau Kampung Tangguh yang berlokasi di Jl. Wonorejo II Wonorejo Kecamatan Tegalsari Kota Surabaya, Jumat (8/1/2021)

    Rombongan Sekdaprov Heru Tjahjono dan Forkopimda Jatim didampingi Ketua Gugus Kuratif Jatim dr Joni Wahyuhadi dan Dirut RSJ Menur, meninjau gudang penyimpanan vaksin Covid-19 milik Dinas Kesehatan Prov. Jatim di Jl. A. Yani Surabaya.

    Langkah itu dilakukan untuk merespon cepat upaya pemerintah pusat yang akan memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) kembali di wilayah Jawa dan Bali, 11-25 Januari 2021 mendatang.

    Baca juga :  Kinerja Gubernur Jatim Selama Tahun 2023 Meningkat 0,07 Persen

    Seperti diketahui, PSBB akan kembali dilaksanakan selama dua pekan mulai 11 – 25 Januari 2021. Salah satu upaya yang dilakukan Pemprov dan Forkopimda Jatim adalah dengan mengaktifkan kembali Kampung Tangguh Semeru. Pasalnya, Kampung Tangguh Semeru dinilai mampu memberikan dampak signifikan terhadap pengendalian penyebaran Covid-19.

    “Kami bersama Ibu Gubernur Bapak Pangdam, dan Pak Sekda sepakat untuk mendukung program kampung tangguh dan pemberlakuan PSBB lahi,” kata Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta.

    Dalam Kampung Tangguh tersebut, Satgas Covid-19 setempat merupakan perpanjangan pemerintah dalam menanggulangi Covid-19 yang paling dekat dan bersinggungan langsung dengan masyarakat.

    “Mereka yang paling mengetahui mobilitas masyarakat di lingkungannya,” terangnya.
    Kapolda Nico menjelaskan, ketika ada pergerakan atau kegiatan yang sekiranya dapat menimbulkan sebaran Covid-19, maka mereka akan sigap bertindak dan melakukan upaya pencegahan dan penerapan disiplin protokol kesehatan (prokes) di lingkungannya.

    Baca juga :  Ketua Projo Masuk Bursa Cawagub Jatim 2024 Versi ARCI

    “Suatu kampung yang secara mandiri dapat menanggulangi Covid-19 dengan metode dan sistem yang telah ditentukan yang berisi pemerintah daerah yaitu Kepala Desa kemudian Babinsa, Bhabinkamtibmas dan tenaga kesehatan dari wilayah setempat,” jelas Kapolda Jatim.

    Sementara menanggapi peninjauan gudang penyimpanan vaksin Covid-19 yang di tempatkan di Dinas Kesehatan Prov. Jatim, Ketua Gugus Kuratif Jatim dr Joni Wahyuhadi menjelaskan bahwa kedatangan Sekdaprov Jatim bersama Forkopimda untuk memastikan keberadaan vaksin Covid-19 di Jawa Timur.

    “Kita melakukan checking untuk vaksin, bahwa memang betul-betul sudah datang di Jawa Timur. Pastinya sekarang sedang disimpan di Dinas Kesehatan untuk nanti distribusinya menunggu arahan lebih lanjut dari pusat.

    Baca juga :  Srikandi Senator Jatim, Lia Istifahma Apresiasi Kiprah Ketua DPD RI

    Selain itu, dirinya juga menyampaikan bahwa Jawa Timur memiliki SDM untuk vaksinasi Covid-19 sebanyak 2.404 vaksinator. Mereka siap mensukseskan vaksinasi Covid-19 di Jawa Timur.

    “Dinas Kesehatan sudah melakukan training sebanyak 2.404 vaksinator dan akan ditambah lagi sampai dengan 73 gelombang,”. (fir/min)

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan