Minggu, 11 April 2021
24 C
Surabaya
More
    Politik PemerintahanKekuatan APBD 2021 Rp32,8 Triliun Disyahkan

    Kekuatan APBD Jatim 2021 Rp32,8 Triliun Disyahkan

    (Wartatransparansi.com) – Provinsi Jawa Timur bersama akhirnya mengesahkan Peraturan Daerah tentang APBD tahun 2021. Semnilan Fraksi di DPRD sepakat menyetujui dalam sidang paripurna yang digelar di penghujung bulan November, Senin (30/11/2020).

    Adapun proyeksi kekuatan keseluruhan APBD tahun 2021 dari sisi pendapatan mencapai Rp31,013 triliun. Kemudian, dari sisi belanja sebesar Rp32,810 triliun. Defisit sebesar Rp1,797 triliun diambilkan dari Pembiayaan netto (selisih antara penerimaan dan pengeluaran pembiayaan).

    Jalannya penetapan dilakukan melalui Rapat Paripurna dengan dihadiri langsung Gubernur Jawa Timur, , Wagub Jatim Emil Dardak, serta Ketua DPRD Jatim Kusnadi, Wakil Ketua Sahat Simanjuntak, Anik Maslachah dan Anwar Sadad.

    Baca juga :  Biaya Ibadah Haji 2021 akan Naik Rp9 Juta

    Dari jumlah total belanja tersebut, terdapat besaran anggaran yang dialokasikan untuk program-program di Perangkat Daerah (OPD) atau belanja langsung dengan jumlah Rp23,08 triliun.

    Yang diperuntukkan pada sektor pendidikan dan kesehatan mendapat alokasi yang paling besar. Rinciannya, 51,74 persen dari belanja perangkat daerah (Rp12, 4 triliun) diperuntukan untuk sektor pendidikan di Jawa Timur. Diantaranya untuk Biaya Penunjang Operasional Penyelenggaraan Pendidikan (BPOPP), Honorarium kinerja guru non PNS, hingga pembangunan/ pendidikan. “Serta, untuk Bantuan Operasional Daerah untuk Lembaga Madrasah Diniyah (BOSDA-MADIN),” kata Ketua Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Jatim yang juga , Heru Tjahjono.

    Reporter : Samuel Ruung
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    Komentar

    guest
    0 Komentar
    Inline Feedbacks
    View all comments

    Berita Menarik Lainya

    Terkini

    Jangan Lewatkan