Selasa, 19 Maret 2024
31 C
Surabaya
More
    OlahragaAtlet Puslatda New Normal Jatim Jalani Swab Test

    Atlet Puslatda New Normal Jatim Jalani Swab Test

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur menggelar swab test terhadap atlet, pelatih, mekanik yang masuk dalam skuad Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) New Normal yang dipersiapkan menghadapi PON XX 2021 di Papua. Swab test ini adalah yang kedua kalinya bagi anggota PNN setelah yang pertama digelar pada September lalu.

    Ketua Harian KONI Jatim, M. Nabil mengatakan, swab tes massal ini dilakukan untuk memproteksi semua yang tergabung dalam Puslatda agar dapat menjalani Puslatda New Normal (PNN) dalam kondisi yang sehat dan aman dari ancaman virus corona atau Covid-19.

    “Mereka harus melakukan tes swab, kalau negatif berarti lanjut ikut PNN dan berlatih dengan protokol kesehatan yang sudah kita buat,” kata Nabil ketika ditemui di Gedung KONI Jatim, Surabaya, Selasa (17/11).

    Baca juga :  Sah WNI, Thom Haye dan Ragnar Siap Perkuat Timnas

    Apabila ada yang hasilnya positif, kata Nabil, maka akan langsung dilakukan isolasi sampai dinyatakan sembuh atau negatif sesuai ketentuan dari WHO dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. “Tidak (dicoret), tapi nanti mereka kita isolasi sampai sembuh baru bisa ikut Puslatda New Normal lagi. Itu konsep kita. Yang penting masuk harus betul-betul dalam keadaan aman,” tambahnya.

    KONI Jatim telah membuat protokol kesehatan yang ketat. Semua yang masuk dalam skuad Puslatda dilarang keluar masuk dari mess dan tempat latihan. Orang luar juga dilarang masuk dalam mess.

    Selain itu, setiap hari harus melakukan pengecekan suhu tubuh, menggunakan masker yang diganti secara berkala, kemudian mencuci tangan, dan menggunakan peralatan sendiri-sendiri.

    Baca juga :  Hadapi Vietnam, Timnas Indonesia Coret Tiga Pemain

    “Kalau ada yang harus pindah tempat dari mess ke tempat latihan maka akan disiapkan mobil,” terang Nabil.

    Ia menjelaskan, PNN ini merupakan skema yang paling tepat di tengah kondisi pandemi saat ini. Program Training From Home (TFH) yang sebelumnya dilakukan dinilai sudah cukup lama dan kurang memberikan dampak positif yang besar.

    Terlihat dari hasil tes kesehatan dan tes fisik yang dilakukan, terjadi peningkatan berat badan dan penurunan kondisi fisik.
    Sementara itu, Satgas Covid-19 KONI Jatim, dr Wardy Ashari Siagian mengatakan, untuk hari Selasa (17/11) ada sekitar 180 orang anggota PNN yang menjalani swab test di KONI Jatim dan RS Menur.

    Baca juga :  Persik Kediri Jalin Kolaborasi Strategis Dengan SKASports, Ini Harapan Mas Dhito

    Swab test kedua untuk anggota PNN ini akan digelar sampai Jumat (20/11). Selama PNN ini atlet, pelatih, mekanik, dan sparring menjalani kamp di berbagai tempat dengan menerapkan bubble system, yaitu mereka berada dalam satu lingkungan tertentu bersama dengan orang-orang yang sama dalam periode waktu yang sudah ditentukan. (sr)

    Reporter : Samuel Ruung

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan