Senin, 12 April 2021
28 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaSurabaya Potensi Wisata Heritage Kampung Peneleh

    Surabaya Maksimalkan Potensi Wisata Heritage Kampung Peneleh

    (WartaTransparansi.com) – Kota Surabaya kaya akan berbagai objek peninggalan sejarah. Salah satunya objek sejarah di Kampung Lawang Seketeng, Kelurahan Peneleh, Kecamatan Genteng Surabaya.

    Untuk memaksimalkan wisata heritage di wilayah itu, Pemerintah Kota Surabaya terus melakukan penataan, bahkan melakukan pemberdayaan ekonomi warga sekitar.

    Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya, Cahyadi mengatakan, Kampung Lawang Seketeng merupakan salah satu kampung tertua yang berdiri sejak tahun 1893. Bukan hanya sebagai kampung tertua, tapi Kampung Lawang Seketeng adalah saksi Kota Surabaya dianugerahi gelar Kota Pahlawan.

    “Bagaimana tidak, di kampung ini terdapat rumah kayu yang memiliki atap seng yang masih menyimpan bekas tembakan dari pesawat tempur yang diperkirakan didirikan sekitar tahun 1930-an,” kata Eri, Minggu (23/8/).

    Baca juga :  Kukuhkan Yamatas dan Majelis Taklim, Eri Ajak Kolaborasi Gerakkan UMKM

    Tak hanya itu, bahkan Eri menyebut, di kampung ini juga terdapat banyak peninggalan bersejarah. Di antaranya, Bangunan Cagar Budaya Langgar Dukuh Kayu, terakota atau saluran air yang terbuat dari tanah liat yang sudah ada pada zaman Hindia Belanda, hingga sumur yang diperkirakan sudah ada sejak zaman Majapahit. Ada pula makam Mbah Pitono yang merupakan Guru Ngaji Bung Karno.

    Reporter :
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber :

    Komentar

    guest
    0 Komentar
    Inline Feedbacks
    View all comments

    Berita Menarik Lainya

    Terkini

    Jangan Lewatkan