Jumat, 29 Maret 2024
29 C
Surabaya
More
    Politik PemerintahanJatim Loloskan Siswa Masuk PTN Terbanyak, Sahat Tua Simanjuntak : Prestasi ini...

    Jatim Loloskan Siswa Masuk PTN Terbanyak, Sahat Tua Simanjuntak : Prestasi ini Harus Dijaga

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Wakil Ketua DPRD Jawa Timur Sahat Tua Simanjuntak mengapresiasi prestasi Gubernur Khofifah Indar Parawansa atas raihan peringkat satu jumlah siswa lolos masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) terbanyak, yakni 13.803.

    Hasil tersebut merupakan kabar gembira bagi dunia pendidikan kita ditengah Ibu Gubernur sedang berjuang keras melawan pandemi Corona (Covid-19) saat ini. tutur Sahat ketika dimintai komentarnya, di Surabaya, Senin(4/5/2020).

    Raihan prestasi itu sejalan dengan anggaran pendidikan yang dikucurkan melalui APBD Provinsi JawaTimur, dan berbagai terobosan maupun inovasi sehingga mampu membawa nama harum dengan menempatkan Jawa Timur rengking tertinggi.

    Sebagai anggota DPRD Jawa Timur kami tentu bangga. Tapi kami juga berharap kedepan Gubernur Ibu Khofifah dan jajaran Dinas Pendidikan bekerja lebih keras lagi. “Prestasi ini harus terus dijaga,” kata politisi Partai Golkar ini.

    Baca juga :  Golkar Minimal 5 Kursi Duduk di Kabinet Prabowo-Gibran

    Jatim Loloskan Siswa Masuk PTN Terbanyak, Sahat Tua Simanjuntak : Prestasi ini Harus Dijaga

    Sebagaimana diketahui, Provinsi Jawa Timur menempati peringkat pertama siswa lolos masuk PTN melalui jalur SNMPTN tahun 2020 dengan jumlah siswa sebanyak 13.803 dari 96.496 yang diterima di PTN se Indonesia. Angka ini naik dari tahun 2019 lalu yang hanya sebanyak 13.737 yang lolos.

    Sedangkan di peringkat kedua dan ketiga, masing-masing ditempati oleh Provinsi Jawa Barat sebanyak 9.932 dan Provinsi Sumatera Utara sebanyak 8.771. Pengumuman kelulusan tersebut disampaikan secara daring oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

    Di jenjang SMA prosentase kelulusan mencapai 99,91 persen, atau naik dari tahun 2019 lalu yang hanya sebesar 98,54 persen. Sedangkan pada jenjang SMK sebesar 99,84 persen, atau meningkat dari tahun 2019 lalu yang berada di angka 98,27 persen.

    Baca juga :  Kinerja Gubernur Jatim Selama Tahun 2023 Meningkat 0,07 Persen

    Sahat Tua Simanjuntak mengatakan, hasil rengking l siswa lolos masuk PTN melalui SNMTN juga tidak lepas dari peran semua pihak mulai dari gurunya, siswa/siswi itu sendiri, serta orang tua.

    Tak kalah pentingnya adalah Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dan unit unitnya yang secara sungguh sungguh menjalankan semua program Gubernur Khofifah Indar Parawansa.

    “Saya mengucapkan selamat dan sukses kepada Kepala Dinas Pendidikan Jatim Pak Dr. Wahid Wahyudi, MT dan stafnya atas kinerja yang baik,” pungkasnya. (min)

    Reporter : Amin Istighfarin

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan