Senin, 22 Juli 2024
31 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaGubernur Khofifah Bebaskan Sewa Tiga Bulan Bagi Penghuni Rusunawa

    Gubernur Khofifah Bebaskan Sewa Tiga Bulan Bagi Penghuni Rusunawa

    SUARABAYA (WartaTransparansi.com) –  Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan kebijakan baru terhadap penghuni rusunawa (rumah susun sewa) yang berada dalam kewenangan Pemprov Jawa Timur.

    Mereka dibebaskan dari biaya sewa selama tiga bulan kedepan terhitung April tahun 2020.

    “Ini adalah stimulus yang bisa diberikan atas dampak ekonomi dari pandemi virus corona (virus covid-19),” ungkap Gubernur dalam press conference berkala di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (2/4/2020).

    Dalam kesempatan itu Gubernur di dampingi Wagub Emil Elestgianto Dardak, Sekdaprov Heru Tjahjono dan Kepala Gugus Tugas Kuratif dr. Jonny Wahyuhadi.

    Beberapa rusunawa yang dikelola Pemprov Jatim antara lain rusunawa Gunungsari, Sier, Jemundo dan Sumurwelut. Total hunian dari keempat rusunawa tersebut mencapai 772 unit.

    Baca juga :  Survei Pilwali Surabaya 2024 ARCI: Eri Cahyadi Makin Kokoh, Bayu Airlangga Terus Mengejar

    Kepala Dinas PU Ciptakarya Baju Trihaksoro menambahkan, pembebasan hunian rusunawa ini secara otonatis akan menghilangkan potensi pendapatan yang dihasilkan dari biaya sewa.

    Pihaknya menjelaskan pendapatan dari rusunawa Gunungsari selama tiga bulan dengan total 248 hunian sebesar Rp 189,1 juta. Rusunawa Sier 60 hunian sebesar Rp 46,1 juta, rusunawa Jemundo dengan total hunian 57 unit sebesar Rp 43,9 juta dan rusunawa Sumurwelut sebanyak 407 unit, dengan total pembebasan Rp 320,8 juta.

    “Total pembebasan dari empat rusunawa itu sebesar Rp 600 juta. Ini merupakan kebijakan ibu gubernur yang diharapkan dapat meringankan beban masyarakat sehingga dapat dialokasikan untuk kebutuhan keluarga lainnya,”

    Khofifah berharap, stimulus ini akan meringankan beban masyarakat yang akibat berbagai kondisi yang menjadi dampak covid-19. Pihaknya beraharap, langkah semacam ini hendaknya juga dilakukan oleh pemkab dan pemkot sehingga lebih banyak masyarakat yang terbantu. (min)

    Penulis : Amin Istighfarin

    COPYRIGHT © 2020 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan