Sabtu, 13 April 2024
30 C
Surabaya
More
    Renungan PagiBerdzikir, Bersyukur, Jangan Nyinyir

    Berdzikir, Bersyukur, Jangan Nyinyir

    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Marilah kita ini untuk selalu bersyukur kepada Allah itu lewat hati, dengan lisan dan dengan amal perbuatan. Yaitu dengan memaafkan kesalahan2 kita di hari kemarin, bersyukur pada apa yang diraih hari ini, dan berdoa untuk masa depan yang lebih baik.

    “Perumpamaan kalian dalam hal kasih sayang itu bagaikan satu tubuh, apabila satu anggota badan merintih kesakitan, maka sekujur badan akan merasakan panas dan demam”
    (HR Muslim)

    Ciri-ciri orang yang bersyukur itu biasanya jauh lebih bahagia dan optimis. Sementara ciri-ciri orang yang pesimis itu akan selalu sibuk meratapi kegagalan dan nyinyir akan kesuksesan orang lain.

    Dan orang yang pandai bersyukur itu pasti emosinya akan lebih stabil, sigap mencari solusi, pandai melokalisir persoalan. Bukan malah melebarkannya kemana-mana, dan juga taktis dalam hal mengatur strategi, dengan menempatkan masalah sesuai skala prioritas.

    “Dan karena rahmatNya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebahagian dari karuniaNya (pada siang hari) dan agar kamu bersyukur kepada-Nya”.
    (Al Qashash ; 73 )

    Dengan mengingat Allah (berdzikir) akan membawa kita kepada rasa syukur, sebaliknya orang yang lalai dari mengingat Allah, dimana setiap punya masalah dia menjadi kufur nikmat. Dia jadi lupa akan berbagai nikmat yang sudah Allah berikan sebelumnya.

    Sesungguhnya orang2 yang bersyukur itu akan jauh lebih produktif, dikarenakan mereka tahu dan pandai memanfaatkan resources2 dan peluang2 yang ada. Sebaliknya bagi orang2 yang suka mengeluh, mereka akan menghabiskan waktunya hanya untuk menyesali diri saja. Sehingga membuat mereka tidak siap untuk menangkap peluang2 berikutnya

    “Ingatlah kepadaKu, niscaya Aku ingat kepadamu, bersyukurlah kepadaKu, dan jangan kufur (dari nikmatKu).”
    (Al Baqarah : 152)

    Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala selalu memberikan rahmat dan hidayat kepada kita, serta mengijabah do’a kita.
    Aamiin Yaa Rabbal ‘Aalamiin

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan