Menag RI Kunjungi Ponpes Lirboyo dan Ploso

12
  • Arya Budi
Jenderal (Purn) H. Fachrul Razi, Menteri Agama RI saat melakukan kunjungan safari di Ponpes Lirboyo, hingga dilanjutkan ke Ponpes Ploso

KEDIRI – Jenderal (Purn) H. Fachrul Razi, Menteri Agama RI melakukan kunjungan safari kepada tokoh ulama di Kediri, Kamis (21/11). Dalam kunjunganya,  Menag beserta rombongan dijadwalkan mengunjungi Ponpes Lirboyo dan Ponpes Ploso.

Untuk kunjungan di Ponpes Lirboyo, Menag dan rombongan tiba sekira Pukul 14.00 WIB. Hingga, beberapa menit kemudian menuju ruang pertemuan guna memberikan kesempatan awak media, untuk mengabadikan gambar sekaligus penyerahan buku tentang kebangsaan karya alumni Santri Lirboyo.

“Sebenarnya hari ini ada sidang kabinet. Tapi, saya lapor pada Pak Jokowi pamit ke Pondok Lirboyo dan Ploso. Dan, Bapak presiden menyampaikan salam. Intinya, misi kita sama dengan NU. Bagaimana membangun umat dan bangsa ini secara bersamaan. Kami, juga menerima banyak nasihat dari Beliau-Beliau (Pengasuh Ponpes Lirboyo), akan langkah ke depan menekan radikalisme,” terang Fachrul Razi.

Ketika disinggung keberadaan ASN dijadikan garda terdepan, Menag meninggatkan, agar mereka tidak menyebarkan ujar kebencian terhadap Pancasila atau memposting kata-kata yang terkait ujaran kebencian.

“ NU dan Muhammadiyah tidak usah digandeng, karena telah sejalan dengan misi utama kita sejak dulu. Kepada PNS jangankan sampai menyebarkan kebencian terhadap Pancasila. Meski hanya kasih jempol saja, sudah menunjukan potensi dan harus kita panggil kemudian kita bina,” tegasnya

Terakhir, Fachrul Razi menguraikan, kalaupun mendapati PNS melakukan ujaran kebencian, langkah awal tetap dilakukan pembinaan sampai sanksi tegas apabila tidak menuai perubahan.

” Sangsi tergantung dengan apa kesalahannya. Kalau terlalu tinggi, masuk ke jalur hukum,” tandasnya.

Sementara, Menag dan rombongan berkisar satu jam, berada di Ponpes Lirboyo. Hingga, melanjutkan perjalanan ke Pondok Ploso, Kecamatan, Mojo, Kabupatenn Kediri. (bud)