Wakil ketua DPRD Jatim Sahat Tua P Simanjuntak,SH.

SURABAYA – Wakil ketua DPRD Provinsi Jatim Sahat Tua P Simanjuntak menghadiri peringatan HUT ke  25 HKBP distrik XVll Indonesia bagian timur (IBT) yang di laksanakan di Gereja HKBP Kedondong Surabaya, Minggu (17/11/2019)

“Selamat Ultah ke 25 HKBP distrik Indonesia timur ( IBT). HKBP jangan sampai menjadi lembaga birokrasi pemerintahan yang dalam pelayanannya menggunakan gaya struktural terhadap jemaat,” katanya ketika memberikan kata sambutan.

Diungkapkan, HKBP sebaiknya menggunakan fungsi holong ( kasih yang melayani) kepada jemaat. Di era yang serba digital seperti ini jemaat bisa mendapatkan akses layanan doa , literasi  pengetahuan dan bimbingan keimanan bahkan konsultasi dan lainya melalui online yang dilakukan oleh lembaga-lembaga non gereja. Ini tantangan buat pendeta HKBP dalam penggembalaan terhadap jemaat.

Ompui Ephorus Pdt Dr Darwin Lumban Tobing mangulosi bapak sahat simanjuntak wakil ketua DPRD prov Jatim didampingi Praeses HKBP IBT Pdt Pahala Sitorus

Sahat mengatakan, bila gaya HKBP masih struktural, ibarat birokrasi yang programnya berbasis kinerja, maka banyak jemaat akan berpindah ibadah ke tempat lain, kalaupun generasi yang sekarang masih bertahan, itu karena masih ada jemaat yang terikat hubungan kultural budaya. Sementara generasi milenial saat ini sudah tidak bisa diatur dengan gaya layanan seperti itu.

“Kita ( HKBP ) harus sering membangun dialog dialog dengan pemerintahan setempat baik itu masyarakat , lembaga keagamaan non HKBP dan kita harus gerakkan jemaat untuk peduli lingkungan sosial,” jelasnya.

Sahat yang masih merangkap Ketua FPG DPRD Jatim ini menyampaikan pengucapan syukur untuk HKBP distrik IBT dan pemberian bantuan untuk  museum HKBP center di sipoholon Tarutung Sumut yang dalam proses pembangunan.

Keterangan Sahat , didampingi para pendeta HKBP Manyar  Pdt Gonggom Sihombing , Siregar pimp kantor pajak sidoarjo, Pdt Panjaitan , Dr S Siregar suami Ibu Pdt Nursani br Hutasoit, bersama sama menyanyi lagu ” Partondion ” yang hasilnya 225 juta untuk bantuan Pembangunan HKBP center sipoholon Tarutung. (foto/transparansi.fed)

Pada bagian akhir sambutannya,  Sahat mengajak semua jemaat untuk senantiasa bersyukur atas berkat Tuhan yang telah kita terima dan berdoa untuk kemajuan bangsa Indonesia dan NKRI khususnya bagi kesejahteraan kita umat HKBP diseluruh Indonesia.

Sementara itu Praeses HKBP IBT Pdt Pahala Sitorus , S.Th menyampaikan terimakasih atas kehadiran Wakil ketua DPRD prov Jatim dan pemberian ucapan syukur bapak Sahat dalam acara tersebut.

Pihaknya mengapresiasi ketokohan pak Sahat di Jatim sebagai orang pertama suku Batak nasrani warga HKBP yang begitu dekat dengan masyarakat Jatim baik kalangan ulama , maupun gereja seperti HKBP yang selalu berkontribusi aktif setiap kegiatan pembangunan gereja maupun kegiatan keagamaan lain.

Sedangkan Ephorus Pdt Dr Darwin Lumban Tobing mangulosi pak sahat Simanjuntak sebagai bentuk penghargaan dan ucapan terimakasih HKBP atas segala perhatian , dukungan moril dan materiel sebagai pengucapan syukur yang telah diberikan bagi gereja gereja di wilayah distrik Indonesia timur.

HUT 25 tahun HKBP distrik Indonesia timur dihadiri pucuk pimpinan tertinggi HKBP dari Pearaja Tarutung Ompui Ephorus Pdt Dr Darwin Lumban Tobing beserta Opung Boru beserta seluruh pendeta HKBP di wilayah distrik Indonesia timur ( IBT ) mulai Jatim , sulsel , Bali , sampai Papua. (min)